Beginilah Perasa'an Diperantauan

      Indah dipandang susah dirasakan,itulah gambaran anak-anak perantauan. Indah dipandang karena orang lain kira, orang kerja diluar negara pasti mendapatkan uang yang banyak,itu pandangan kebanyakan orang bila memandang orang yang kerja diluar negara,
  Padahal keadaan yang sebenarnya lain,memang benar kerja diluar negara kita mendapat penghasilan yang lebih daripada kerja dikampung halaman sendiri,karena apa? Karena tempat/negara kita kerja kadar tukaran uangnya lebih mahal dari uang negara kita, itulah kita kalau kerja diluar negara pendapatan kita lebih.
Namun jangan lupa?..Belum tentu semuanya sama mendapatkan apa yang kita bayangkan,karena kalau kita ikut jalan TKI/lewat pt? kita tidak akan mendapatkan apa yang kita idam-idamkan,karena kalau dibandingkan dengan biaya hidup ditempat kerjapun sangat tinggi....walaupun pihak tenaga kerja negara kita telah menargetkan gaji para TKI kita,itu semua masih tidak cukup.memang kata tidak cukup/kurang itu kata yang tidak pernah hilang dari hati manusia,walaupun sudah kaya,tapi tetap juga pasti masih kurang.
  Susah dirasakan?...gambaran sebenarnya itulah yang dirasakan oleh kita dikala jauh dari kampung halaman,apalagi kalau kita sedang ada masalah walau sekecil apapun kita pasti rindu kampung halaman,kalau bisa sekarangpun ingin pulang kekampung,namun apa daya? nasi sudah menjadi bubur karena kita sudah memilih jalan itu. Dengan hati yang berat kita tahan-tahan rasa rindu pada kampung halaman,walaupun rasanya taktahan lagi.rasanya sungguh diluar dugaan kita apa yang berlaku,itulah sekilas gambaran anak-anak perantauan yang sedang mencari rejeki dinegara orang.