Berbagi Berita dan Cerita

DISQUS

Friday, 26 April 2013

Lima Tip Hidup Diperantauan


     Ketika kita sudah merasa kurang senang atau bosan dikampung, pastinya kita berpikir untuk pergi keluar dari kampung halaman. Perasaan yang mendorong kita bermacam-macam, misalnya? tuntutan kerja, karena ingin mencari pengalaman ditempat lain maka kita minta dipindahkan lain tempat kerjanya, adakalanya kita sudah tidak bisa mencari pekerjaan dikampung, jadi kita mau tidak mau mesti mencari pekerjaan ditempat lain. ada juga yang ingin mendapatkan penghasilan yang lebih baik dari pada kerja dikampung halaman. kita memang diharuskan berusaha, janganlah berharap pada takdir, kalau kita berusaha mencari jalan hidup kita pastinya kita akan berjumpa dengan takdir kita. ketika kita merantau atau mencari kerja ditempat lain inilah ( 5 ) perkara yang harus kita ingat.

   1.Pertama-tama kita harus mempersiapkan diri kita

   seperti pengetahuan tempat itu dan orang-orang disana, misalnya kita harus siap apa yang akan kita kerjakan disana dan menerima pekerjaan itu dengan sabar dan bertanggung jawab. ingatlah karena tujuan kita adalah mencari pekerjaan, jadi seandainya yang kita dapat kerja yang agak susah atau kotor atau kurang penghasilanya, janganlah kita mengambil langkah seribu,jalanilah dulu dan mencari jalan untuk berbincang apa yang menjadi masalahnya.

   2. Jagalah Diri Kita Sendiri

   yang bermaksud menjaga diri kita sendiri, kalau kita sudah sampai ditempat lain jagalah tingkah laku kita, jangan sombong, jangan suka takabur, dan yang penting juga ucapan kita. karena sudah pasti orang-orang disana lain kebiasaanya dengan kita, belajarlah untuk menyesuaikan diri disana walaupun mungkin disana banyak orang-orang dari daerah kita, itu bukan berarti kita bisa berbuat apa saja disana, akan tetapi kita harus ingat, walaupun disana banyak orang-orang dari daerah kita bukan berarti kita berada dikampung halaman,lain tempat lain peraturan dan kebudayaanya, jadi pandai-pandailah membawa diri ditempat lain.

   3. Dengarlah Nasehat orang lain

   Hidup ditempat lain kita tidak boleh berpegang teguh dengan pandangan sendiri, walaupun pandangan kita dianggap betul. sebagai orang baru ditempat itu kita mesti mendengar apa yang orang lain katakan, walaupun yang memberitau itu usianya dibawah kita. sebagai orang baru pastinya  masih belum mengenal pasti kawasan itu dan apa yang sering berlaku disitu dsb, masih untung masih ada yang memberitau dari pada langsung tidak ada yang memberitau,pastinya kita sendiri yang susah, walaupun kita merasa pandai atau tau semuanya tapi ingatlah pengalaman lebih bermakna walaupun sedikit.

   4. Carilah Sahabat Sejati

   Hidup diperantauan kita pastinya membutuhkan seorang sahabat yang bisa diajak untuk bertukar pikiran dan juga ada jika kita membutuhkanya. ingatlah bukan semua teman baik semuanya, karena ada juga yang jahat atau yang suka mempergunakan kepolosan kita karena kita orang baru disana. dan juga jangan suka berbuat buruk sesama teman kita, karena mencari tema satu lebih susah dari pada mencari musuh seribu.

   5. Berjimat Cermat

   Dengan persekitaran yang baru biasanya kita lupa bahwa waktu terus berjalan dengan cepat, kadang kita tidak bisa mengontrol keinginan yang datang ketika melihat keadaan, ingatlah berjimat bukan berarti kita tidak mampu, tetapi kalau suatu hari nanti kita ada kesusahan,kita tidak akan menyusahkan orang lain. disaat itulah kita akan paham tentang seorang teman, nasehat orang lain dan menjaga diri kita. hidup diperantauan artinya kita belajar mandiri atau hidup sendiri tidak bergantung pada orang lain. karena itu semua adalah perjalanan hidup kita, jadi banyak-banyaklah berdo'a dan jangan lupa bersyukur dengan apa yang kita lakukan atau miliki sa'at ini, karena keinginan tidak akan ada penghujungnya selagi kita masih hidup didunia ini.
Adbox