Berbagi Berita dan Cerita

DISQUS

Thursday, 11 February 2016

Tip Memasang Iklan di Blog Website Orang Lain



Trik Memasang Iklan di Blog Website Orang Lain – Untuk mempromosikan produk/jasa melalui internet, ada berbagai macam cara. Bisa secara gratis ataupun berbayar. Untuk yang gratis, kita bisa pakai cara blogwalking, tukar link, share link ke situs social media, pasang iklan baris gratis, dll. Untuk yang berbayar, juga ada banyak macam dan jenisnya. Mulai dari pasang iklan di situs PPC, pasang iklan artikel review, pasang iklan di situs web berita, dan juga bisa memasang di blog pribadi.
Dalam kesempatan kali ini, admin pedati2 akan mencoba membahas tentang pemasangan iklan di blog pribadi. Karena seperti kita ketahui bersama bahwa kini ada banyakblog / web pribadi yang menyediakan layanan pasang iklan. Sehingga, bikin para advertiser merasa bingung ingin memasang di blog mana ya. Semua blog bagus-bagus, traffic nya juga tinggi-tinggi, dan performance nya juga keren-keren 😀
Tips Memasang Iklan di Blog Website Orang Lain
Dengan adanya tips sederhana ini, diharapkan para pengiklan tidak galau lagi ya 😀 Karena sudah bisa menemukan jawaban atas apa yang menjadi pertanyaannya tersebut. Baik, agar tidak terlalu panjang introduksinya, mari kita intip tips nya. Yuk simak ulasannya pada paragraf berikut ini :)

Cara Pasang Iklan di Blog Website Orang Lain

1. Cek Traffic Blog secara Realtime
Pertama-tama yang perlu diperhatikan adalah traffic blog, atau jumlah pengunjung pada blog yang ingin dipasang iklan. Berapa jumlah visitor per hari pada blog tersebut? Berapa jumlah pageview per hari blog tsb?
Ada banyak situs yang menyediakan layanan tools untuk menghitung traffic blog. Sejauh ini yang baru admin pedati2 ketahui tentang tools yang cukup akurat adalah statistik traffic Histats dan Google Analytics. Untuk Google Analytics ini, orang lain tidak bisa cek traffic blog, yang bisa cek hanya pemilik blog itu sendiri. Dan untuk Histats, orang lain bisa cek traffic blog secara realtime.
Jadi, para advertiser hendaknya cek dulu traffic blog target di situs Histats secara realtime dan online. Jangan mau hanya dikasih gambar screenshot traffic saja, karena bisa saja gambar tersebut hasil copas dari blog lain 😀 atau mungkin gambar screenshot hasil rekayasa.
2. Tema/Topik Blog
Penting untuk diperhatikan topik/tema blog. Tujuannya adalah untuk mengetahui siapa saja sih yang berkunjung di blog tersebut? dari negara mana saja? berapa usia rata-rata para pembaca blog tsb? dll
Sebagai contoh saja. Blog tersebut bertopik tentang Tutorial Blogging. Tentu para pengunjung blog tersebut sebagian besar adalah para blogger/webmaster, yang dalam hal ini adalah sama-sama punya blog. Apabila blog pakai Bahasa Indonesia, bisa dipastikan visitor nya adalah orang Indonesia. Dan kebanyakan usia pengunjung adalah usia produktif, yakni antara umur 15 – 40 tahun. Asumsinya, produk yang cocok dijual di blog tersebut adalah hosting dan domain. Bisa juga produk jasa SEO, jual thema/template, jual Ebook bisnis online dll.
3. Platform Blog yang Digunakan
Diharapkan advertiser cerdas dalam memilih blog mana yang ingin dititipi iklan. Silahkan pilih platform blog yang sudah mandiri, artinya sudah berdiri sendiri, yakni pakai hosting dan domain sendiri. Alasannya sederhana, yakni blog gratis seperti Blogger/Blogspot, WordPress, BlogDetik, dll rawan dihapus/disuspended oleh pihak Penyedia Layanan Blog Gratis tersebut.
Misal, advertiser sudah bayar biaya pasang iklan untuk 3 bulan, dan masa tayang iklan belum selesai, blog sudah dihapus duluan oleh yang empunya blog. Kalau pemilik blog mau tanggung jawab sih nggak masalah, tapi kalau nggak bertanggung jawab, tentu pihak yang paling dirugikan adalah pihak advertiser/pengiklan.
4. Ketentuan Periklanan
Apa tujuan anda memasang iklan di blog orang lain? Apakah ingin meningkatkan popularitas / brand awarness? Apakah ingin menaikkan konversi penjualan produk bisnis anda? Atau ingin mendapatkan limpahan traffic? Tentu anda sendiri yang bisa menjawabnya sebagai advertiser.
Umumnya blog/web pribadi yang menyediakan layanan iklan, adalah menggunakan cara pasang iklan per bulan. Bukan berdasarkan berapa jumlah klik iklan. Dan bukan juga berdasarkan berapa jumlah pageview blog. Ketentuan tersebut tentunya sangat menguntungkan antara kedua belah pihak, baik advertiser maupun pemilik blog. Karena tujuan memasarkan iklan semuanya sudah tercapai, baik brand awarness, konversi penjualan, dan juga limpahan traffic.
5. Bandingkan Harga/Tarif Iklan
Sebagian besar, harga pasang iklan di berbagai blog/web bervariasi. Ada yang murah dan ada yang mahal. Meskipun demikian, umumnya tarif pasang iklan di blog pribadi jauh lebih murah dibandingkan memasang iklan di tempat lain, misal di situs PPC, PTC, situs social media, ataupun situs portal berita online. Selain murah meriah, juga nggak ribet pembayaran dan ketentuan materi iklan. Semua nya bisa bisa dibicarakan dengan baik.
Nah, anda perlu membandingkan harga iklan antara blog yang satu dengan blog lain. Tentu saja dengan kualitas blog yang sama. Kalau kualitas blog-nya bagus, saya kira nggak masalahpasang iklan di blog tersebut meskipun harga iklan nya agak lumayan mahal.
6 Ranking Blog (Tidak Wajib)
Ada banyak sekali situs yang menyediakan layanan tools untuk mengetahui ranking blog. Namun, dari sekian banyak tools tersebut, hanya ada 2 tools yang cukup diperhatikan oleh para blogger. Adalah Alexa Rank dan Google Pagerank.
Meskipun kedua tools tersebut cukup dianggap penting oleh para blogger, pada kenyataannya keduanya tidak ada hubungannya sama sekali dengan traffic blog itu sendiri. Artinya, sebuah blog yang memiliki angka alexa yang kecil/ramping, misal kurang dari 20.000 untuk global, itu belum tentu traffic nya tinggi. Begitu juga dengan Google Pagerank. Sama sekali tidak ada hubungannya dengan jumlah visitor blog. Blog yang memiliki pagerank 3, belum tentu jumlah pengunjung nya ratusan ribu per hari.
Selain itu, sekarang ini sudah nggak jaman lagi, tujuan pasang iklan untuk meningkatkan pagerank, karena para blogger sudah menambahkan atribut rell nofollow pada setiap iklannya. Sehingga hal tersebut tidak berpengaruh sama sekali terhadap pengindekskan search engine Google, Yahoo, dan Bing.
Itulah sedikit informasi yang bisa admin pedati2 share untuk anda sekalian tentang Panduan Memasang Iklan di Blog Website Orang Lain. Mudah-mudahan apa yang admin pedati2 sampaikan diatas, berguna untuk kita semua. Utamanya para advertiser yang hendak memasarkan produknya dengan cara memasang iklan banner di situs orang lain. Kurang lebihnya mohon maaf dan thanks atas perhatiannya ya 😉

Adbox